Senin, 01 Desember 2014

6 CARA AGAR SUKSES MENABUNG


Menabung memang tidaklah mudah, tapi juga tidak sulit untuk dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar sukses menabung:
  1. Niat : Ini penting sekali. Tanpa niat dan kemauan yang keras, saya jamin pasti akan gagal. Karena musuh kita bukanlah orang lain, tapi diri sendiri.
  2. Tujuan Menabung : Tetapkan tujuan yang dari kegiatan menabung ini. Misal untuk membeli rumah, menyekolahkan anak di universitas yang terbaik, liburan, ingin tambah kaya dan lain-lain. Setelah menetapkan tujuan, maka visualisasikan. Contoh: jika ingin menabung untuk punya rumah, maka tempelkan gambar rumah yang diinginkan di tembok. Letakkan di tempat yang gampang dilihat dan buat sedemikian rupa agar menarik. Ini semua bertujuan untuk membuat kita agar selalu ingat dengan tujuan yang ingin dicapai. Jika ada keluarga kita yang tau, maka akan turut mendukung juga agar tujuan bisa tercapai. Bukankah segala hal jika dilakukan bersama-sama bisa lebih mudah…
  3. Buat Batas Waktu : Ini penting sekali untuk selalu membuat kita tetap fokus pada tujuan. Misal: 5 tahun kedepan harus sudah memiliki rumah idaman. Maka usaha yang kita lakukan akan berbeda jika kita mentargetkan untuk memilikinya 10 tahun kedepan. Batas waktu ini juga harus di tulis di gambar yang kita tempelkan tadi.
  4. Buat pembukuan : Mungkin banyak dari kita yang cuek akan hal ini tapi ini sangat penting sekali untuk menilai diri kita sendiri. Menilai  sesuatu yang paling obyektif adalah berdasarkan data dan catatan pembukuan ini adalah data yang kita butuhkan untuk menilai diri kita sendiri, Paling sederhana, kita bisa coba catat pengeluaran dan pemasukan kita dalam sehari, kemudian ditingkatkan menjadi mingguan dan bulanan.  Dari situ akan terlihat sumber income dan pengeluaran harian kita. Yang paling penting adalah apakah kita membelanjakan uang untuk sesuatu yang memang dibutuhkan atau hanya untuk mengikuti keinginan saja.
  5. Menabung dulu baru kebutuhan : Ini adalah cara paling mudah untuk bisa menabung. Salah satu sebab dari gagalnya menabung adalah karena kita menggunakan income untuk kebutuhan terlebih dahulu dan jika ada sisa baru menabung. Sekarang pola pikir seperti itu harus di balik.Menabung dulu, baru kebutuhan. Demi tujuan yang ingin di capai, maka sisihkan dulu sebagian dari income yang di terima. Meskipun kecil, itu bukanlah masalah. Yang terpenting adalah kita sudah berhasil menabung untuk saat ini.
  6. Tetaplah bermimpi : Kita sering mendengar ungkapan jangan bermimpi dech, nanti jatuhnya sakit lo. Itu adalah ungkapan negative penghancur semangat. Jangan biarkan siapapun merebut mimpi kita. Bagaimana Allah akan memberi, meminta saja kita tidak pernah. Bagaimana mau punya rumah, bermimpi punya rumah saja kita tidak pernah. Di dunia ini berlaku hukum sebab akibat. Seperti yang telah saya tulis diatas, semua itu adalah proses yang harus dilewati untuk memperoleh hasil yang kita inginkan. Tidak ada yang kebetulan. Jika kita sudah bermimpi, sudah melewati proses yang harus dilakukan, maka hasil pasti akan datang. Yakinlah, Allah akan mempermudah jalannya jika kita menginginkan suatu kebaikan.

Menabung ternyata sangat mudah bukan? Mari kita mulai menabung ... 
Percayakan tabungan Anda pada kami "Prudential Syariah" (Tabungan Syariah Jangka Panjang dengan Banyak Manfaat) >>>
  • Tabungan All in One
    • Tabungan Investasi
    • Kesehatan (Biaya Rumah Sakit, Sakit Kritis, Cacat)
    • Jiwa (meninggal), warisan, Dana Pensiun
  • Tabungan Pendidikan (+Kesehatan)
    • Tabungan Investasi
    • Pendidikan
  • Tabungan Investasi (+Kesehatan)
    • Tabungan Investasi
    • Warisan, Dana Pensiun


Ingin Dibuatkan Ilustrasi Tabungan Yang Sesuai Kebutuhan Anda?? Silahkan Hubung:

Jaezah Chairina Chairul
Agen Prudential Syariah

Email: jaezah.chairina@gmail.com | 081340554184

Tidak ada komentar:

Posting Komentar